Desa Kalipakis Mengikuti Bimbingan Teknis Pengelolaan Website

Desa Kalipakis bersama 69 desa lainnya mengikuti Bimbingan Teknis Pengelolaan Website Desa yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kendal di ruang Garuda, Tirto Arum Baru pada hari Kamis (13/02/2020).

 

Dalam sambutannya, Kepala Dispermasdes bapak Wahyu Hidayat, S.H.,M.H. memotivasi pemerintah desa untuk menginformasikan kegiatan desa melalui website, serta mengapresiasi desa yang telah aktif melaksanakannya.

 

Selanjutnya, materi pertama disampaikan oleh bapak Candra dari Diskominfo. Beliau menyampaikan materi tentang regulasi informasi publik dan pembentukan Sistem Informasi Desa (SID) yang menjadi salah satu amanat UU Desa dan akan bermanfaat bagi desa.

 

Materi kedua disampaikan oleh bapak Dicky dari Diskominfo, mengenai cara pengelolaan website desa. Sekarang Kendal menggunakan dashboard yang dibuat oleh Diskominfo dengan alamat desa.kendalkab.go.id. Dashboardnya dibuat lebih sederhana dan mudah dioperasionalkan. Namun karena suatu hal, jika ingin konten website desa yang lama dimasukkan, maka harus diinput secara manual. Sayang, desa Kalipakis termasuk satu dari tujuh desa yang belum dibuatkan website sehingga tidak bisa langsung mencoba mengakses dashboard baru tersebut, dan keesokan harinya baru bisa mengakses.

 

Materi ketiga disampaikan oleh pak Sigit, tentang prinsip penulisan jurnalistik yang harus memperhatikan WH questions. Dalam suatu berita, harus jelas apa yang terjadi, siapa pelakunya, kapan terjadi, di mana tempat kejadiannya, mengapa hal itu terjadi, serta bagaimana runtutan terjadinya. Dengan demikian berita yang disampaikan menjadi mudah dimengerti dan tidak menimbulkan salah paham. Beliau juga memberikan inspirasi berbagai bahan konten situs bagi desa.

 

Materi keempat, adalah informasi mengenai sensus penduduk yang disampaikan oleh bapak Sapto dari BPS. Warga masyarakat yang sudah familier dengan android atau internet diminta untuk mensukseskan Sensus Penduduk 2020 dengan melakukan sensus mandiri dengan cara klik di sini. Sebelum mengisi sebaiknya mempersiapkan KK atau foto copynya agar data yang dimasukkan benar.

 

Materi kelima disampaikan oleh bapak Kuswandi perangkat desa Jati kecamatan Plantungan. Beliau ditunjuk untuk berbagi pengalaman pengelolaan website desa Jati yang sudah bagus.

 

Meskipun tidak bisa praktik secara cukup karena terbatasnya waktu, namun perangkat desa diharapkan mampu mengelola website desanya berbekal materi yang sudah disampaikan. Selain itu juga akan diback-up melalui grup WA.


Dipost : 2020-02-17 01:50:01 | Dilihat : 318